Dokumentasi
dan Resume : Public Relations, Jurnalistik, Broadcast, Advertising. Etika PR,
Strategi Perencanaan PR, Manajemen PR, Produksi Media PR, Jurnalistik
Penyiaran, Jurnalistik Media Cetak, Jurnalistik Online, Penulisan
Berita-Feature, Manajemen Periklanan, Psikologi, Pers, Public Speaking, Media,
Hukum dan Etika Media Massa, Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi, Komunikasi
dan Gender, Teknologi Komunikasi, Marketing Communications,
Lobbying/Negotiation.
Kegiatan Public Relations
Kegiatan Public Relations adalah kegiatan yang
ditujukan untuk publiknya. Berdasarkan jenis publiknya kegiatan Public
Relations terbagi menjadi dua yaitu :
1. Eksternal
Public Relations
Hubungan
dengan publik diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena
perusahaan tidak mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan
yang lain. Karena itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis
dengan publik-publik khususnya dan masyarakat umumnya.
Salah
satunya dengan melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan
persuasif. Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna
berdasarkan fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan
atas dasar membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa
tertarik.
Masalah yang
perlu dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi
bagaimana memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada
masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun
masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan
pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan
para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para
pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa
simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.
ᴥ Tindakan-tindakan yang
harus dilakukan external public relations seperti :
Menganalisa dan menilai sikap dan
opini publik yang menanggapi kebijaksanaan pimpinan perusahaan dalam
menggerakkan pegawainya dan menerapkan metodenya
Mengadakan koreksi dan saran kepada pimpinan
perusahaan, terutama kegiatan yang mendapat sorotan atau kritikan publik
Mempersiapkan bahan-bahan penerangan
dan penjelasan yang jujur dan objektif agar publik tetap memperoleh kejelasan
tentang segala aktivitas dan perkembangan perusahaan
Ikut membantu pimpinan dalam hal
menyusun atau memperbaiki formasi staf ke arah yang efektif
Mengadakan penyelidikan atau
penelitian tentang kebutuhan, kepentingan dan selera publik akan barang-barang
yang dihasilkan perusahaan.
Kegiatan Eksternal Public
Relations ini ditujukan untuk publik eksternal organisasi/perusahaan, yaitu
keseluruhan elemen yang berada di luar perusahaan yang tidak berkaitan secara
langsung dengan perusahaan, seperti masyarakat sekitar perusahaan, pers,
pemerintah, konsumen, pesaing dan lain sebagainya
Melalui kegiatan eksternal ini,
diharapkan dapat menciptakan kedekatan dan kepercayaan publik eksternal kepada
perusahaan. Dengan begitu maka akan tercipta hubungan yang harmonis antara
organisasi/ perusahaan dengan publik eksternalnya, sehingga dapat menimbulkan
citra baik atas perusahaan dimata publiknya.
ᴥ Kegiatan hubungan eksternal yang dilakukan
oleh seorang Public Relations Officer, yaitu
a. Hubungan dengan komunitas (community relations)
Membina hubungan dengan komunitas
merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan disekitar perusahaan.
Ini juga dapat diartikan sebagai tanda terima kasih perusahaan kepada
komunitas. Dengan begitu menunjukan bahwa perusahaan tidak hanya sekedar
mengambil keuntungan dari mereka, melainkan ikut peduli dan mau berbagi apa
yang diperoleh perusahaan dari lingkungan yang merupakan milik bersama.
Hubungan dengan komunitas ini seringkali diwujudkan dalam program Corporate
Social Responsibility.
b. Hubungan dengan pelanggan (costumer relations)
Membina hubungan baik dengan
pelanggan, dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan
pelanggan terhadap produk dan perusahaan itu sendiri. Menurut Seitel (2001 :
455) tujuan hubungan konsumen antara lain (1) mempertahankan pelanggan lama,
(2) menarik pelanggan baru, (3) memasarkan/memperkenalkan produk atau jasa
baru, (4) memudahkan penanganan keluhan pelanggan dan (5) mengurangi biaya. Costumer
relations dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain plant tour,
iklan, film, pameran, publisitas, brosur, dan special events.
c.
Hubungan dengan media massa dan pers (media
& press relations)
Hubungan dengan media dan pers
merupakan sebagai alat, pendukung atau media kerja sama untuk kepentingan
proses publikasi dan publisitas berbagai kegiatan program kerja atau untuk
kelancaran aktivitas komunikasi humas dengan pihak publik. Dengan
hubungan baik dengan media dan pers, perusahaan bisa mengontrol, mencegah, dan
meminimalisir pemberitaan-pemberitaan negatif atau salah tentang perusahaan di
media massa. Hubungan dengan pers dapat dilakukan melalui kontak formal dan
kontak informal. Bentuk hubungan melalui kontak formal antara lain konfrensi
pers, wisata pers (press tour), taklimat pers (press briefing),
dan resepsi pers. Sedangkan bentuk hubungan melalui kontak informal antara lain
keterangan pers, wawancara pers, dan jumpa pers (press gathering).
d. Hubungan dengan pemerintah (government relations)
Hubungan yang baik dengan pemerintah
bisa memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan kebijakan yang akan diambil
dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan tersebut terwujud
sesuai dengan aturan pemerintah dan tidak melanggar hukum.
► Contoh
public eksternal PR dalam suatu perusahaan :
· Mayarakat: Orang yang nantinya
akan membantu kelancaran proses distribusi bahkan bias saja sekaligus menjadi
konsumennya.
· Konsumen: Pemakai produk dari
suatu perusahaan.
· Internet: Bisa menaikkan
jumlah pembelian produk dgn cara melakukan penjualan online.
· Media: Bisa menaikkan penjualan
dengan memasang iklan yg menarik di media
· Pasar: Pasar yg
strategis dan kondusif akan memudahkan pendistribusian produk
· Bank: Tempat penyimpanan agar
dana perusahaan ttp berputar
· Transportasi: Transportasi
yang baik melancarkan proses distribusi produk.
· Cuaca: Mempengaruhi pendisteribusian
produk.
2. Internal
Public Relations
Kegiatan Internal Public
Relations merupakan kegiatan yang ditujukan untuk publik internal
organisasi/perusahaan. Publik internal adalah keseluruhan elemen yang
berpengaruh secara langsung dalam keberhasilan perusahaan, seperti
karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham, dewan direksi perusahaan dan
sebagainya
Melalui kegiatan Internal Public
Relations diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik
internal dari organisasi/perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara
pihak-pihak yang terkait dalam perusahaan maka akan tercipta iklim kerja yang
baik. Dengan begitu kegiatan operasional perusahaan akan berjalan dengan
lancar.
ᴥ Kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh
seorang Public Relations Officers, yaitu
a. Hubungan dengan karyawan (employee relations)
Seorang PR harus mampu berkomunikasi
dengan segala lapisan karyawan baik secara formal maupun informal untuk
mengetahui kritik dan saran mereka sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan
dalam pengambilan kebijakan dalam organisasi/perusahaan. Seorang PR harus mampu
menjembatani komunikasi antara pimpinan dan karyawan. Karena dengan diadakan
program employee relations diharapkan akan menimbulkan hasil yang
positif yaitu karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh pimpinan
perusahaan. Sehingga dapat menciptakan rasa memilki (sense of belonging),
motivasi, kreativitas dan ingin mencapai prestasi kerja semaksimal mungkin.
b. Hubungan dengan pemegang saham (stockholder relations)
Seorang PR juga harus mampu membina
hubungan yang baik dengan pemegang saham, serta mampu mengkomunikasikan apa
yang terjadi dalam organisasi/perusahaan. Karena sebagai penyandang dana,
mereka harus selalu tahu perkembangan perusahaan secara transparan agar dapat
meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Dengan demikian akan
menghilangkan kesalahpahaman dan kecurigaan terhadap perusahaan.
► Contoh
public internal PR dalam suatu perusahaan :
·
Pimpinan:
Memegang kendali agar perusahaan tetap kokoh
·
Pemegam
saham: Membantu pimpinan dalam mengendalikan perusahaan
·
Karyawan:
Secara tidak langsung dan langsung ikut serta mengendalikan perusahaan
·
Peraalatan
perusahaan: Kalau tidak ada peralatan,perusahaan tdiak dapat memproduksi
produk
·
Produk:
Merupakan bagian internal terpenting dalam suatu perusahaan.
·
Gaji:
Kalau gaji layak maka karyawan akan semakin giat untuk memproduksi produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar